Permainan Tradisional Goba Sodor menjadi Pembelajaran Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP N 4 Pandak
Salah satu karakteristis kurikulum merdeka adalah menerapkan pembelajaran berbasis projek untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai nilai Pancasila. Terdapat 7 tema projek yang disediakan oleh pemerintah untuk dipilih sekolah diantaranya adalah Kearifan Lokal, Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, Kewirausahaan, Bhinneka tunggal ika, Gaya Hidup Berkelanjutan, suara Demokrasi dan bangunlah Jiwa dan Raganya.
Sebagaimana yang telah dilakukan kelas 8 SMP N 4 Pandak sesuai dengan struktur kurikulum, projek bertemakan kearifan lokal yang dilaksanakan mulai jadwal yang telah ditentukan. Kearifan lokal yang merupakan pembelajaran projek (P5) .
SMP N 4 Pandak mengusung Gobak sodor atau galah asin sebagai pembelajaran projek (P5) mengangkat tema Permainan Tradisional Berkreasi, Berinovasi melalui tradisi.
Gobak sodor atau galah asin adalah salah satu permainan tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta. Permainan gobak sodor merupakan permainan menghalangi lawan untuk mencapai garis akhir. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga orang.
Nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tradisional gobag sodor dapat antara lain adalah nilai kejujuran, nilai sportivitas, nilai kerjasama, nilai pengaturan strategi dan nilai kepemimpinan.
Dengan pembelajaran projek ini diharapkan dapat mendorong siswa untuk berkolaborasi di luar kelas, lebih peka terhadap permasalahan, dan meningkatkan siswa berpikir kritis, kreatif dan mandiri.